Tahun 2020 Semua Ponsel Wajib Pakai Android 10, Ini Alasannya

quota.ID – Google selaku pembesut sistem operasi Android yang saat ini cukup populer dan banyak digunakan oleh berbagai brand smartphone, mengeluarkan kebijakan baru berupa keharusan menggunakan OS Android 10 untuk setiap produk ponsel yang dirilis 2020 mendatang.

Hal ini diketahui dari bocoran sebuah dokumen yang menyebut bahwa tenggat waktu lisensi Google Mobile Service (GMS), untuk smartphone baru berbasis Android 9 akan jatuh pada tanggal 31 januari 2020 mendatang.

Itu berarti, setiap produsen smartphone yang ingin menerbitkan ponsel baru tetapi mengajukan permohonan sebelum 31 Januari 2020 masih diizinkan menggunakan OS android 9 ke bawah.

Namun demikian, kabarnya pihak Google juga akan berhenti memberikan pembaruan pada Android 9 hingga Android 11 dirilis yang diprediksi pada Agustus 2020 mendatang.

Baca Juga :  Resmi Hadir di Indonesia, Ini Harga Smartphone Gaming Black Shark 2

Ini Alasan Google Wajibkan Ponsel Wajib Pakai Android 10

Ini merupakan salah satu hal yang di lakukan penyedia layanan teknologi terbaik dunia yaitu Google untuk memajukan dunia terknologi. Google sendiri mempunyai persyaratan baru bagi produsen ponsel di seluruh dunia.

Bagi mereka yang ingin permohonan lisensi android di kabulkan harus menggunakan Android 10. Perlu di ketahui persyaratan ini berlaku bagi pengajuan izin setelah 31 Januari 2020.

Hal ini dapat di artikan, produsen yang ingin menerbitkan smartphone baru tetapi mengajukan permohonan sebelum 31 Januari 2020 masih diizinkan memakai OS android 9 ke bawah.

Tapi efeknya pihak  Google akan berhenti memberikan pembaruan pada Android 9 kebawah hingga Android 11 dirilis yang diprediksi pada Agustus 2020.

Baca Juga :  Begini Cara Backup Data Google Plus Anda Sebelum Resmi Ditutup

Informasi yang sangat mengejutkan ini disampaikan langsung oleh Google pada versi terbaru dari persyaratan GSM Google.

GSM sendiri berisi deretan aplikasi bawaan Google seperti Play Store dan Gmail. Dalam hal ini jika tidak dipenuhi oleh setiap produsen maka Google tidak akan menerbitkan lisensi layanan mitra OEM atau original equipment manufacturer.

Persyaratan baru ini diperkirakan untuk meningkatkan pemakaian OS Android terbaru yang sekarang terkesan sangat lembat untuk diterapkan pada setiap produsen ponsel. Padahal pihak Google sendiri mengklaim OS baru selalu menawarkan system keamanan perangkat yang lebih baik dan modis.

Sejauh ini Huawei Hate 30 adalah salah satu dari sekian banyak ponsel yang tidak mendapatkan lisensi GSM sehingga ponsel ini tidak memiliki aplikasi bawaan Google seperti halnya Gmail, YouTube, dan Play Store secara pre-installed atau aplikasi bawaan ponsel.

Baca Juga :  Cara Ganti Font atau Huruf di Instagram Story

Android 10 sendiri telah diluncurkan oleh Google pada September lalu. Untuk saat ini, OS terbaru android ini, baru tersedia pada semua deretan ponsel Pixel yang merupakan smartphone keluaran dari pihak Google sendiri.

Apa Manfaat Ponsel Wajib Pakai Android 10?

Wacana Google mengenai Ponsel Wajib Pakai Android 10 untuk varian smartphone terbaru ini meski disatu sisi cukup mengecewakan pemilik ponsel dengan OS android 9 kebawah, disisi lain juga diklaim memiliki manfaat yang cukup signifikan dalam meningkatkan performa ponsel.

Pihak Google mengklaim, jika penggunaan OS Android 10 akan membuat performa setiap ponsel menjadi lebih cepat. Hal ini sangat baik untuk Anda yang suka beraktifikas dan bekerja lewat smartphone, jelas pihak Google terkait aturan baru mereka tersebut.

Topic:

Just For You