Tangkal Virus Corona dengan Perkuat Sistem Imun. Ini Makanan yang disarankan

  • Whatsapp
Tangkal Virus Corona dengan Perkuat Sistem Imun. Ini Makanan yang disarankan

quota.ID – Mewabahnya virus corona, menjadi ancaman yang cukup serius di sejumlah negara bahkan termasuk di Indonesia.

Hingga saat ini, virus covid-19 ini masih belum ditemukan obatnya. Hal terpenting adalah menghndari dan menjaga agar kita tidak tertular dengan virus mematikan ini.

Muat Lebih

Salah satu cara yang disarankan untuk menangkal virus corona oleh Kemenkes dan WHO, masyarakat dianjurkan untuk mengonsumsi gizi seimbang, serta perbanyak sayur dan buah untuk memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuhnya.

Berikut ini adalah daftar jenis makanan yang dipercaya mampu meningkatkan sistem imun untuk menangkal virus corona.

Makanan yang disarankan Untuk Menangkal Virus Corona

Ada beberapa jenis makanan yang diketahui mampu meningkatkan imunitas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk menagkal infeksi virus corona:

1. Rempah-rempah

Beberapa jenis rempah-rempah ini memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita, antara lain:

  • Jahe

Tanaman yang satu ini memang tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan. Jahe memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan yang baik di konsumsi.

Hal ini tentunya mampu meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan tubuh yang mengonsumsinya, karena terbukti memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin.

Baca Juga :  Cara Mudah Meninggikan Badan dengan Cepat dan Alami

Anda bisa mengonsumsi jahe ini dengan menjadikannya campuran untuk minuman, seperti teh hangat atau wedang ronde, atau merebus jahe bersama serai dan gula jawa.

  • Kunyit

Berikutnya ada tanaman kunyit. Rempah dengan ciri khas warna kuning ini di percaya mampu menangkal virus corona.

Hal ini karena kunyit banyak mengandung curcuma dan jug antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Hal ini dibenarkan oleh seorang Guru Besar Biologi Molekuler, Chaerul Anwar Nidom dari Universitas Airlangga (Unair) yang menunjukkan hasil penelitiannya dari manfaat mengonsumsi sari rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan temulawak.

  • Temulawak

Rempah-rempah berikutnya adalah temulawak. Tanaman dengan nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza Robx Synm Curcuma javanica ini, dipercaya dapat menangkal virus corona karena kandungan kurkumin dan memiliki antioksidan yang baik dalam menjaga sistem imun tubuh.

2. Bawang Putih

Selain digunkan untuk bumbu masakan, bawang putih diketahui memiliki senyawa antibakteri dan antivirus yang bisa memperkuat sistem imunitas tubuh.

Selain itu  bawang putih juga mengandung antioksidan yang tinggi, fosfor, seng, potassium, dan kalsium sehingga baik dikonsumsi guna menangkal virus corona.

Baca Juga :  Mengalami Muntah Kuning, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Bawang Bombai

Sama halnya dengan bawang putih, bawang bombai juga memiliki khasiat yang sama. Kandungan citamin, zat besi, fosfor, dan berbagai senyawa lain, mampu meningkatkan imunitas tubuh guna menangkal virus corona yang mengamcam.

5. Cabai

Buat yang suka makanan pedas, ini menjadi keuntungan tersediri. Pasalnya cabai di ketahui mampu meningkatkan sistem imun tubuh guna menangkal covid-19

Selain cabai, mengkonsumsi paprika juga memiliki manfaat yang sama karena banyaknya kandungan vitamin C dalam kedua jenis makanan ini.

6. Sayur Brokoli

Banyaknya kandungan vitamin E dalam sayur brokoli dipercaya mampu untuk menangkal ancaman virus corona. Adanya kandungan vitamin E dalam sayur brokoli yang bersifat antioksidan, di dapat ketahui mampu merangsang sistem kekebalan tubuh yang mengkonsumsinya.

7. Jamur

Jenis makanan ini bersifat antimikroba dan antiviral, serta mengandung potassium. Hal itu berati, jamur sangat baik bagi tubuh yang mengonsumsinya.

Selain itu, jamur juga mampu mengelola cairan tubuh, menjaga keseimbangan tekanan darah, mempercepat metabolisme, dan pastinya menjaga sistem kekebalan tubuh yang berimbas pada semakin meningkatnya sistem imun guna menagkal covid-19.

8. Buah Jeruk, Lemon, dan Kiwi

Ketiga jenis buah ini mengandung banyak vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, sehingga mampu menangkal radikal bebas, mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, serta mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit tertentu.

Baca Juga :  Menjaga Kesehatan Telinga, Terapkan 4 Langkah Berikut Ini

Hal itulah mengapa buah ini sangat dianjurkan untuk di konsumsi guna mencegah ancaman covid-19 menghampiri kita.

9. Pepaya dan Nanas

Buah lainnnya yakni Pepaya dan Nanas. Kedua buah ini banyak mengandung vitamin B kompleks dan C yang sangat baik bagi tubuh guna meningkatkan sistem imun.

Selain itu, dalam buah nanas memiliki sifat antiperadangan, serta enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan.

10. Kacang Almond dan Madu

Selain buah dan sayur, kacang almod juga memiliki khasiat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Mengonsumsi kacang almond sebagai cemilan atau tambahan topping pada dessert Anda, akan memberi asupan vitamin C dan E.

Selain itu, madu juga bisa dikonsumsi secara rutin sebagai salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita.

Madu diketahui banyak mengandung antioksidan tinggi yang baik dalam meredakan batuk, menjaga tenggorokan tidak kering, dan menghilangkan dahak.

Poin utama untuk menangkal serangan virus corona ini adalah menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap sehat dan bugar. Selain itu menghindari kontak langsung dengan area yang tertapar juga bisa menghindarkan kita dari ancaman virus mematikan ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *