Tips Agar Ban Motor Awet dan Tidak Cepat Botak

quota.ID – Salah satu bagian atau komponen motor yang paling sering cepat aus dan harus sering di ganti adalah ban bagian luar.

Karena itu, sebagai komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan aspal, membuat kondisi ban harus tetap di rawat dan selalu diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah ketika di gunakan.

Pasalnya, ketika kita kurang peduli dan tak memperhatikan dengan seksama penggunaan ban luar ini, maka resiko tergelincir atau ban meletus di jalan akibat penggunaan ban yang sudah botak bisa terjadi kapan saja.

Aus atau botak pada ban motor itu sudah pasti pasti terjadi akibat dari pemakaian. Namun, ada beberapa kondisi yang ternyata membuat ban lebih cepat botak ketimbang waktu yang seharusnya.

Baca Juga :  Tiga Tipe Sepeda Motor Bekas Ini, Paling Banyak dicari Konsumen

Mengutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, ternyata ada 4 tips rahasia agar ban motor anda tak cepat botak dan tentunya membuat ban motor anda lebih awet dan umum pemakaian bisa lebih lama.

Penasaran, apa saja tips rahasia tersebut? berikut ulasan lengkapnya.

4 Tips Agar Ban Motor Awet dan Tidak Cepat Botak

  • Selalu Rutin Membersihkan Permuakaan Ban

Tips yang pertama adalah agar ban motor anda awet adalah dengan selalu rutin membersikan permukaan ban, Ketika mencuci motor, usahakan untuk selalu juga membersihkan ban motor anda.

Adanya kotoran, debu, atau pasir yang menempel pada permukaan ban dapat menyebabkan ban motor anda mudah bocor atau pecah.

Baca Juga :  Tiga Komponen Dalam CVT Motor Matic Ini Harus Tetap Terawat

Ketika membersihkannya, pastikan kondisi ban harus dibasahi lebih dahulu dengan air sabun, lalu sikat permukaan ban anda hingga bersih dari debu, kototan atau pasir-pasir yang menempel.

  • Cek Tekanan Angin

Usahakan untuk selalu rutin mengecek kondisi tekanan angin pada ban motot anda. Jangan terlalu keras, atau jug asebaliknya janganterlalu kempes.

Karena, ketika ban terlalu keras, maka akan lebih beresiko ban meletus. Ketika ban terlalu kempes, ban akan lebih mudah bocor selain itu, ban juga bisa cepat botak, bahkan retak.

  • Jangan Angkut Beban Berlebih

Setiap kendaraan memiliki kapasitas maksimal beban yang bisa diangkut. Karenaya, jangan pernah melebihi kapasitas tersebut.

Karena, jika kelebihan muatan, selain beresiko merusak bagian atau momponen motor yang lain, misalnya shockbreaker, ban motor juga bisa lebih cepat botak dan berakhir pecah ban.

Baca Juga :  Mengintip Desain Motor Hybrid yang Baru Saja dipatenkan Kawasaki

Hal ini sudah tentu akan sngat membahayakan keselamatan anda saat berkendara.

  • Selalu Parkir ditempat Teduh

Meski sepele, namun memarkirkan motor anda di tempat yang teduh ternyata bisa memperpanjang usia pemakaian ban motor anda.

Karena, jika anda  terlalu sering memarkir kendaraan anda di bawah panas terik sinar matahari, hal tersebut bisa membuat tekanan angin ban meningkat karena udara di dalamnya memuai.

Tentunya, hal ini akan membuat ban motor anda cepat kempes dan beresiko bocor di tengah jalan.

Bagaimana, sudah paham kan bagaimana menjaga dan merawat ban motor anda agar awet dan tak cepat mudah botak.  Selamat mencoba.

Topic:

Just For You