Tips Membuat Password Yang Unik, Mudah diingat & Pastinya Aman 100%

quota.ID – Password atau kata sandi merupakan salah satu poin penting dalam menjaga keamanan data anda. Semua keamanan data akan terlindungi dengan sempurna jika menggunakan kombinasi password yang aman dan kuat.

Namun sayangnya, masih banyak pengguna yang masih belum begitu aware  dengan kombinasi password mereka agar aman dan takmudahdi tebak oleh orang lain.

Tak jarang masih banyak pengguna yang menggunakan password standar, misal 123456 atau ada juga yang hanya mengandalkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran untuk di jadikan password.

Ditambah lagi, masih banyak juga yang menggunakan satu jenis password untuk semua akun, misal password email sama dengan password akun media sosial dan sebagainya.

Baca Juga :  Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang Dengan Bantuan Google Maps

Lalu, bagaimana sebenarnya cara membuat password yang benar-benar aman ?

Karena jika menggunakan kombinasi yang rumit meski hal itu akan membuat password kita aman, terkadang justru akan menimbulkan masalah baru, misalnya lupa kombinasi password kita.

Untuk mengatasi hal ini, berikut akan kami beri panduan bagaimana cara membuat password yang unik, mudah dingat namun di jamin aman karena susah di tebak orang lain.

Tips Membuat Password Yang Unik dan Mudah diingat

Untuk membuat password yang aman, syarat utamanya adalah kombinasi. Disarankan menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil atau kombinasi angka dan huruf, bila perlu di tambah dengan karakter atau tanda baca khusus.

Perhatikan panduan memilih password yang aman berikut:

Baca Juga :  Waspadai Penggunaan Gadget Secara Berlebihan Pada Anak dan Remaja
  • Pikirkan sebuah frasa atau kalimat statis favorit anda, misal judul lagu, nama pacar atau pasangan.
  • Ambil setiap huruf pertama dari kalimat tersebut
  • Sisipakan karakter khusus di tiap huruf
  • Tambahkan kekuatan kata  asosiasi

Untuk mempermudah berikut contoh yang bisa anda coba,

  1. Misal anda seorang wanita dan memiliki pacar atau pasangan dan anda memiliki nama ” Muhammad Irfan Saputra”
  2. Ambil satu huruf pertama dari nama pasangan anda, M I S, lalu tambahkan karakter khusus diantara huruf
  3. M#I#S, kata ini sudah cukup aman untuk password, karena unik, terdiri dari 6 digit, dan merupakan kombinasi.
  4. Untuk lebih memperkuat, tambahkan kekuatan kata asosiasi. Misalnya anda akan membuat password untuk akun Facebook, tinggal tambahkan kata yang berhubungan dengan facebook tersebut.
  5. Contoh M#I#S#Biru. Ini sudah merupakan sebuah kombinasi password yang cukup aman.
  6. Namun perlu diingat, ini hanya sebuah contoh anda bisa memodifikasi kalimat atau frasa unik yang sekiranya hanya anda sendiri yang tahu.
Baca Juga :  Bersihkan RAM iPhone Kamu Agar Performa Makin Ngebut

Inti dari cara membuat password yang unik dan aman ala  quota.ID ini, terletak pada pemilihan  frasa atau kalimat statis yang unik yang jadi favorit anda.

Anda bisa menggantinya dengan judul lagu, nama artis idola, nama jalan rumah anda dan penambahan karakter khusus yang disisipkan di setiap huruf awal yang di ambil.

Sugestikan dalam pikiran anda bahwa kalimat tersebut yang menjadi benih password anda, maka di jamin anda tidak akan lupa dengan password anda meski itu merupakan sebuah kombinasi yang rumit.

Bagaimana cukup mudah bukan, tips membuat password yang unik namun aman. Selamat mencoba!

Topic:

Just For You