Tips Memilih Mobil Bekas, 3 Poin Utama yang Harus diperhatikan

  • Whatsapp
Tips Memilih Mobil Bekas, 3 Poin Utama yang Harus diperhatikan

quota.ID – Memilih mobil bekas terbilang lebih rumit jika dibandingkan mobil baru, untuk itu Anda perlu tau bagaimana tips memilih mobil bekas sebelum memutuskan ingin beli tipe mobil yang diinginkan.

Memang bila dibandingkan dengan mobil baru harga mobil bekas lebih murah, hal ini membuat kualitas mesinnya ada sedikit perbedaan.

Bacaan Lainnya

Tips Memilih Mobil Bekas

Dari data yang kami peroleh dari situs otomotif terkemuka, saat ini setidaknya ada lebih dari 40 juta mobil bekas berpindah tangan setiap tahun.

Karena itu, dalam memilih mobil bekas pembeli harus lebih teliti dan cermat, karena untuk mencari dan memilih mobil bekas yang masih dalam kondisi prima tersebut penuh tantangan.

Tapi jangan khawatir, sebab masih banyak pula mobil – mobil bekas yang memiliki kualitas yang masih mumpuni layaknya mobil yang masih baru.

Tetapi sekali lagi, kecermatan dan ketelitian Anda dalam memahami kondisi dari mobil bekas incaran Anda sangat di perlukan.

Nah, agar Anda tidak bingung, berikut ini sudah redaksi siapkan, 3 poin utama yang harus anda perhatikan ketika akan membeli kendaraan second.

Terutama untuk Anda yang baru pertama kali ingin membeli mobil bekas, ini merupakan panduan yang harus Anda jadikan patokan dalam memilih mobil bekas untuk pemula.

Cek Riwayat Servis dan Kerusakan

Poin pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli mobil bekas adalah mengenai riwayat kendaraan tersebut sebelumnya, terutama riwayat servis yang pernah dilakukan.

Tidak jarang mobil bekas dijual karena pernah mengalami kerusakan baik di bagian mesin maupun di bagian body luar mobil. Bila hanya dibagian luar mungkin lebih mudah untuk dilihat dan bisa langsung diperbaiki. Namun bila dibagian mesin, umumnya kerusakan baru bisa terasa setelah 2 atau 3 bulan pemakaian.

Oleh karena itu, anda perlu memerika dahulu riwayat servis dari kendaraan roda empat tersebut. Biasanya tiap mobil bekas yang dijual dilengkapi keterangan mulai dari waktu terakhir diservis, jumlah kilometer, dan seberapa sering maintenance yang dilakukan setiap tahun.

Cek Kelengkapan Surat – Surat

Tentunya surat – surat kendaraan adalah hal terpenting yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik mobil maupun mereka yang ingin membeli mobil. Termasuk pula ketika kalian ingin membeli mobil bekas.

Sebenarnya mengurus surat – surat ketika beli mobil bekas lebih mudah dibandingkan ketika beli mobil baru. Sebab anda hanya perlu balik nama pemilik kendaraan saja.

Namun, terkadang yang jadi permasalahan adalah ketika sang pemilik sebelumnya belum membayar pajak dan administrasi kendaraan.

Karena itu, pastikan kendaraan yang akan anda beli memiliki surat -surat kelengkapan kendaraan yang resmi.

Pilih Tempat yang Jelas dan Terpercaya

Poin ketiga dalam memilih mobil bekas dan tidak kalah penting adalah memilih di tempat yang sudah pasti terpercaya. Bukan hanya ketika beli mobil bekas online, namun juga ketika membeli mobil bekas secara offline melalui showroom.

Sebelum membeli secara daring, pastikan terlebih dahulu mencari referensi tempat dari teman atau keluarga yang sudah pernah membeli mobil bekas online sebelumnya. Dan jangan lupa, perhatikan profile penjual online. Bila profilenya terlihat meragukan, maka jangan pernah membeli di tempat tersebut.

Selain itu, bisa juga membeli mobil bekas milik teman, kerabat atau orang yang sudah anda kenal sebelumnya. Ini akan lebih meminimalisir kekeliruan dalam pengecekan, karena anda mengetahui riwayat kendaraan tersebut.

Demikain informasi mengenai beberapa poin utama untuk tips memilih mobil bekas baik melalui online maupun secara langsung kepada si pemilik mobil. Jangan lupa untuk memperhatikan semua bagian mobil dengan teliti agar tidak salah dalam memilih kendaraan impian Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *