Berikut Ini Tips Merawat Audio Mobil Agar Tetap Awet

  • Whatsapp
Berikut Ini Tips Merawat Audio Mobil Agar Tetap Awet

quota.ID – Tak hanya mesin mobil saja yang butuh perawatan agar tetap dalam kondisi baik, begitu juga dengan audio kendaraan. Karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi quota.ID akan memberikan tips merawat audio mobil kesayangan Anda agar selalu dalam kondisi baik dan tentunya jadi labih awet.

Perangkat audio system di mobil merupakan fitur wajib bagi kebanyakan pemilik kendaraan. Mulai dari yang biasa saja, hingga yang berharga puluhan juta, fitur hiburan di kendaraan roda empat ini dipastikan akan selalu ada untuk menemani pengguna selama dalam perjalanan.

Bacaan Lainnya

Meski demikian, dalam perawatannya peragkat audio kendaraan ini tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan dalam tips merawat audio mobil Anda, agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

Tips Merawat Audio Mobil

Seperti di kutip dari laman Garda Oto, berikut ini cara perawatan audio mobil yang benar:

  • Pastikan Audio Mati sebelum Mematikan Mesin Mobil
Baca Juga :  Yuk Cari Tahu Perbedaan Oli Mobil Sintetis dan Non Sintetis

Terlihat sepele namun banyak diabaikan pemilik kendaraan, mematikan perangkat audio sebelum mematikan mesin sangat penting dilakukan.

Kenapa? hal ini untuk menghindarkan terjadinya arus pendek. Karena seperi diketahui, tegangan awal untuk menghidupkan mobil sangatlah tinggi.

ketika Anda pada saat mematikan mesin mobil dalam keadaan audio sistem masih dalam kondisi menyala, bisa saja terjadi kerusakan yang tidak diduga akibat terjadinya arus pendek.

Karena itu, pastika untuk mematikan audio lebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil ketika sampai di tempat tujuan.

  • Selalu Bersihkan Debu Pada Head Unit

Terutama untuk head unit keluaran terbaru yang sudah menggunakan layar sentuh, pastikan bagian LCD ini selalu bersih dari debu dan kotoran.

Karena, jika tidak rutin di bersihkan adanya debu yang menempel pada head unit dapat menyebabkan kerusakan pada fitur audio mobil bahkan pada layar LCD itu sendiri.

  • Selalu Gunakan CD Asli

Untuk yang masih sering mendengarkan lagu lewat compact disk (CD), pastikan untuk selalu menggunakan CD asli saat di putar di perangkat audio mobil Anda.

Baca Juga :  Motor Goyang Seperti Ban Kempes, Ini Penyebabnya

Selain karena kualitas audio yang dihasilkan lebih maksimal, hal ini  untuk menjaga optik perangkat audio yang ada bisa bekerja secara maksimal dan lebih awet.

  • Setting Treble, Midle, dan Bass secara Teratur

Tips merawat audio mebill berikutnya adalah dengan selalu rutin melakuan pengaturan Treble, Midle, dan Bass secara berkala.

Pengaturan pada equalizer ini penting dilakukan agar kualitas audio anda tetap dalam kondisi terbaik dan suara yang dihasilkan tetap dalam komposisi yang tepat.

Pastikan juga jangan terlalu keras saat memutar musik, karena tidak baik untuk pendengaran dan mengurangi konsentrasi saat berkendara, hal ini juga akan merusak perangkat speaker audio mobil anda.

  • Selalu Bersihkan Optik dengan Menggunakan CD Cleaner Secara Berkala

Hal terakhir yang bisa dilakukan agar perangkat audio mobil anda tetap awet adalah dengan membersihkan optik dengan CD cleaner secara berkala.

Ini penting  dilakukan agar optik bisa bekerja maksimal dalam membaca CD lagu-lagu favorit Anda, serta meminimalkan tejadinya macet atau ngadat saat memutar musik kesukaan.

Baca Juga :  Cara Menguji Apakah Mobil Anda Boros atau Irit BBM

Demikianlah 5 tips merawat audio mobil kesayanagan Anda agar selalu dalam kondisi baik saat di gunakan untuk memutar playlist lagu-lagu kesukaan yang akan menemani anda selama dalam perjalanan.

Selamat mencoba.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *