Wisata Sejarah & Edukasi Di Bandung, 4 Museum Ini Wajib dikunjungi

quota.ID – Kota Bandung di kenal sebagi kota dengan tujuan wisata bagi masyarakat yang ada disekitar Jakarta dan beberapa kota lainnya. Tak mengherankan, karena memang kota Bandung memiliki banyak objek wisata menarik yang wajib di kunjungi jika sedang berada di Kota bandung. Salah satunya adalah objek wisata sejarah dan edukasi berupa Museum yang bersejerah yang ada di kota kembang tersebut.

Karenanya, jika anda berkesampatan untuk mengunjungi kota Bandung, beberapa Museum ini layak untuk dijadikan destinasi wisata sejarah yang wajib untuk anda kunjungi.

Apa saja daftar museum bersejarah tersebut, berikut ulasannya lengkapnya nama-nama museum dengan nilai sejarah yang cukup tinggi.

4 Museum Untuk Wisata Sejarah dan Edukasi Di Bandung

  • Museum Gedung Sate

Destinasi wisata sejarah pertama yang wajib dikunjungi adalah Museum Gedung Sate. Objek wisata yang satu ini seperti tak pernah sepi dikunjungi para wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara.

Baca Juga :  Indahnya Merbabu Family Park, Tempat Wisata Gratis di Malang

Sejak diresmikan pada 8 Desember 2017 silam, Museum Gedung Sate selalu saja menjadi tujuan para wisatawan yang haus akan sejarah bangsa Indonesia yang ada di Jawa Barat.

Berlokasi di sayap timur Gedung Sate yang sudah cukup populer, museum ini cukup unik karena memadukan nilai sejarah dengan teknologi digital kekinian yang interaktif, sehingga lebih menarik minat generasi muda saat ini untuk belajar tentang sejarah bangsa.

Didalamnya, selain dipajang foto-foto sejarah gedung sate di masa lampau, pengunjung juga bisa menikmati beragam sajian lain, seperti Interactive 3D Scale Model of Gedung Sate, Interactive Glass Display, Hologram, dan Wall Video Mapping.

  • Museum Konferensi Asia Afrika

Museum berikutnya, merupakan salah satu museum memiliki nilai sejarah tinggi yakni Museum Konferensi Asia Afrika. Museum ini terletak di Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga :  Wisata Kenpark Surabaya Dengan Bangunan Mirip Temple Of Heaven Di China

Di museum yang diresmikan pada 24 April 1980 ini, para pengunjung dapat menemukan beragam bukti kesuksesan Indonesia dalam menyatukan bangsa-bangsa di kawasan Asia dan Afrika dimasa lampau.

Ketika pengunjung masuk dan menginjakkan kaki di dalam museum ini, akan langsung disambut dengan sebuah globe raksasa yang bertuliskan nama-nama negara peserta KAA.

Didalamnya juga banyak diorama beberapa tokoh tanah air seperti Presiden pertama RI, Ir. Sokarno serta beberapa tokoh dan menteri lain pencetus KAA.

  • Museum Barli

Selain wisata sejarah, Bandung juga memiliki museum yang dikenal memiliki nilai seni yang begitu tinggi. Anda bisa mengunjungi seni bernama Museum Barli yang berada di Jl. Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Museum ini diresmikan pada 26 Oktober 1992, yangsebenarnya merupakan wadah apresiasi bagi karya-karya luar biasa pelukis terkemuka bernama Barli Asmitawinata.

Dimuseum ini, para pengunjung akan dibuat terpukau oleh deretan karya luar biasa dari pelukis ternama pada jamanya tersebut.

Baca Juga :  Jasa Rental Sewa Motor di Bali Paling Recomended

Museum ini buka tiap Senin-Sabtu dari jam 9 pagi hingga 5 sore, disini pengunjung bisa menyaksikan perkembangan gaya seni lukis Barli, dari realisme hingga ekspresionisme.

  • Museum Geologi Bandung

Museum yang terakhir yang wajib dikunjungi adalah Museum Geologi bandung. Museum ini sangat cocok untuk wisata edukasi, trutama yang masih menempuh jenjang pendidikan.

Museum Geologi Bandung terletak di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Di sini pengunjung akan dimanjakan oleh beragam koleksi unik, mulai dari fosil, peta, bebatuan mineral, hingga replika binatang.

Sebenarnya masih ada banyak deretan museum bersejarah yang keren dan bernilai sejarah tinggi yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Bandung.

Karena itu, jika anda ingin berkunjung dan berwisata sejarah di Kota Bandung, ada baiknya mulai sekarang bikin itinerary dan tentukan museum mana saja yang akan didatangi saat liburan nanti ketika berkunjung di kota yang terkenal dengan julukan Paris Van Java ini.

Topic:

Just For You