Yuk Buat Air Alkali Sendiri dirumah, Mudah dan Cepat

quota.ID – Air alkali alami, diperoleh secara langsung dari sumber mata air pegunungan yang melewati bebatuan dan menyerap mineral, sehingga meningkatkan pH (kondisi asam atau basa suatu zat).

Namun, anda juga bisa membuat air alkali buatan sendiri di rumah. Umumnya air alkali buatan di olah dengan dengan menggunakan mesin atau ionizer  yang berfungsi meningkatkan pH pada air biasa.

Tak perlu repot, anda juga bisa membuat air alkali sendri hanya dengan bahan-bahan yang sederhana namun hasilnya tak jauh berbeda dengan air alkali yang di buat oleh mesin khusus.

Editors’ picks

Baca Juga :  Manfaat Sikap Optimis Dalam Hidup, Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur

Membuat Air Alkali Sendiri

Untuk membuat air alkali sendiri, berikut beberapa cara yang bisa anda coba.

  • Dengan Menggunakan Baking Soda

Cara pertama yang bisa anda coba untuk membuat air alkali sendiri di rumah adalah dengan menggunakan baking soda.

Bahan makananan yang umumnya untuk bahan campuran membuat roti ini di ketahui mempunyai kadar alkali yang cukup tinggi.

Untuk mendapatkan air alkali dengan baking soda, caranya campurkan sekitar 0.3 liter air dengan 1/8 sendok teh baking soda, lalu aduk hingga baking soda larut secara merata dalam air tersebut.

Ketika air yang telah tercampur dengan baking soda, maka kadar alkalinya juga akan meningkat. Pastikan air dan baking soda telah larut dan tercampur sepenuhnya, sebelum diminum.

Baca Juga :  Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Batu Ginjal
  • Dengan Menggunakan Lemon

Berikutnya untuk membuat air alkali sendiri adalah dengan memanfaatkan buah lemoni. Buah yang bercita rasa asam ini memiliki sifat anionik, dimana hal ini akan membuat air yang dicampur dengannya berubah jadi alkali saat dicerna oleh tubuh.

Caranya, ambil 1 buah lemon segar lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Masukan ke dalam 2 liter air bersih lalu tutup rapat wadah air dan biarkan selama 8 hingga 12 jam sebelum dikonsumsi.

Manfaat Minum Air Alkali

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2012 silam menemukan fakta, jika minum air alkali dengan pH 8,8 bisa membantu menonaktifkan pepsin, enzim utama yang menyebabkan refluks asam.

Sementara itu dalam studi kesehatan lainnya juga menyebutkan, jika mengkonsumsi air alkali kemungkinan bermanfaat bagi individu yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, serta kolesterol tinggi.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Ini Tidak Boleh dipanaskan Kembali

Kemudian studi yang paling terbaru yang melibatkan 100 individu responden, menemukan adanya perbedaan signifikan pada keseluruhan kekentalan darah setelah mengonsumsi air dengan pH tinggi dibandingkan air biasa usai olahraga berat.

Topic:

Just For You